Saturday, March 2, 2019

Tips Sukses Menjadi Youtuber


Tips Sukses Menjadi Youtuber
Sukses menjadi Youtuber - Ada banyak cara dalam menghasilkan uang karena kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat. Dari bisnis online, blogger, selebgram, hingga youtuber. 

Pekerjaan-pekerjaan yang mengandalkan koneksi internet ini memang sangat populer dan sangat diminati oleh para millenial. Dengan menjadi youtuber, anda memiliki dua keuntungan: menjadi terkenal dan mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta atau bahkan ratusan juta.

Namun pada kenyataannya, anda harus memiliki kesabaran yang tinggi. Mungkin sebagian dari anda tahu youtuber dan tidak mengerti apa arti istilah ini sebenarnya. Youtuber adalah istilah untuk pelaku internet yang membuat konten video dan mengunduhnya di Youtube.com. 

Situs Youtube ini adalah salah satu situs media online terkemuka yang hanya menampilkan konten video saja. Video yang diposting oleh YouTube sangat beragam dalam kategori, dari musik hingga tutorial, bahkan hingga mengenai olahraga. Jadi, bagaimana menjadi Youtuber dan di mana Youtuber mendapatkan penghasilan?

Bagaimana menjadi Youtuber dan cara mendapat uang dari Youtube.com
Ada banyak pertanyaan tentang menjadi Youtuber dan manfaat Youtuber, sementara video yang anda unggah dapat dilihat oleh banyak orang pengguna Youtube. Tidak hanya Lokal, bahkan di seluruh dunia. 

Dan anda harus tahu bahwa Youtube ada di bawah naungan Google, yang memiliki media iklan Google Adsense. Dari sinilah anda bisa mendapatkan penghasilan menjadi seoarang Youtuber. Tetapi hal utama yang harus anda lakukan adalah anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi program kemitraan Youtube agar video anda dapat menerima iklan dari Google Adsense.

Jadi, nanti pada video yang anda unggah ke Youtube, dan anda mendaftar menjadi publisher, nanti Google Adsense akan meriview apakah video anda diterima atau di tolak. Jika diterima, maka anda memasang iklan yang dapat diklik oleh audiens. 

Iklan yang diklik penonton anda akan memberikan komisi kepada penerbit konten video, juga disebut Youtuber. Akhirnya, semakin banyak orang yang menonton video anda, semakin besar kemungkinan anda akan menerima komisi dari Google Adsense.

Persyaratan agar memungkinkan anda diterima dan mendapatkan uang dari Youtube
Pada awal 2019, YouTube semakin memperketat persyaratan untuk program mitra Youtube untuk menghasilkan pendapatan bagi iklan yang masuk. Ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah pendaftaran bagi Youtuber, sehingga pendaftaran di Youtube menjadi lebih ketat. Beberapa aturan yang diberikan kepada program kemitraan Youtube adalah sebagai berikut:

Penonton minimum
Penonton atau pelanggan adalah salah satu hal terpenting bagi anda untuk memiliki penghasilandi Youtube. Untuk masuk dan menjadi Program Mitra Youtube dan menempatkan iklan, anda harus memiliki setidaknya 1.000 Subcriber dalam satu akun.

Perhatikan waktu menonton
Sekarang, video yang anda unggah harus mendpatkan jam tayang setidaknya 4.000 jam selama setahun. Misalkan video yang anda siarankan berdurasi 20 menit. Jumlah pemirsa atau pemirsa video anda harus setidaknya 12.000.

Tujuan dari penentuan minimum dan waktu menonton pelanggan ini disediakan sehingga iklan tidak akan ditampilkan pada konten video yang mengandung kekerasan rasial, sara dan intoleransi. Selain itu, diharapkan bahwa peraturan baru akan dapat menyaring spammer dan duplikat konten video.

4 Tips menghasilkan uang dengan Youtube di luar Google Adsense
Dalam menjadi Youtuber, aliran pendapatan Youtube bukan hanya tentang Google Adsense. Ternyata, ada beberapa cara menghasilkan uang dengan Youtube, yaitu:

1. Menjalankan Affiliate Program
Cara pertama menjadi Youtuber dalam menghasilkan uang dengan Youtube sebenarnya tidak jauh berbeda dari apa yang dilakukan blogger, yaitu menggunakan pemasaran afiliasi atau yang lebih umum disebut dengan nama Affiliate.Ini akan memungkinkan anda untuk bekerja dengan perusahaan e-commerce terkenal seperti Lazada.co.id, BliBli.com, Tokopedia.com, dan banyak lagi.

Anda dapat meninjau hingga membongkar produk yang dijual melalui e-commerce. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan komisi mulai dari 5 hingga 30% dari keuntungan produk atau layanan yang telah anda analisis di Youtube.

2. Membangun kerjasama sponsor
Selanjutnya yaitu anda dapat membangun kerja sama dengan sponsor merek-merek produk terkenal untuk memasarkannya melalui akun Youtube anda, secara langsung dan tidak langsung. Seolah-olah anda adalah saluran TV yang membuka iklan untuk merek-merek terkenal. Video yang dibuat dapat meriview ke sebuah produk atau anda dapat menggunakan produk tersebut dan memasukkan nama merek di video anda.

Ryan Toys Riview, salah satu Youtuber terkenal yang mengulas produk mainan dari merek-merek terkenal, dan ini adalah contoh dari Youtuber terkenal yang telah dibayar melalui videonya. Karena popularitasnya, Walmart, yang merupakan salah satu toko terbesar di dunia, juga telah meminta layanannya. 

Jumlah uang yang bisa anda dapatkan dari kolaborasi sponsor ini dapat mencapai 10 kali lipat dari pendapatan Google Adsense. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan dalam menjadi Youtuber dengan cara menghasilkan uang melalui Youtube.

3. Mencari media iklan alternatif
Cara lain untuk dalam menghasilkan uang dengan Youtube adalah dengan menemukan media iklan alternatif. Anda harus tahu bahwa selain Google Adsense, ada media iklan lain yang dapat menghasilkan uang untuk anda dengan video yang telah anda unggah ke Youtube. Selain Google Adsense, beberapa solusi monetisasi yang tersedia adalah AdRev, Fullscreenmedia, VidGenX, Bagian Film dan Studio Building.

Agar dapat berpartisipasi dalam monetisasi tidak sulit karena anda hanya perlu memiliki akun PayPal, karena semua pembayaran melalui PayPal dan perhitungan komisi pembagian pendapatan.

4. Penjualan barang atau oleh-oleh
Yang terakhir adalah dalam menjadi Youtuber, anda dapat menjual barang dagangan atau suvenir dengan memasukkan nama akun Youtube anda. Jenis barang yang dijual dapat bervariasi: kaos, topi, kalender, buku catatan, gelas, dll. Buat barang dagangan yang unik, menarik dan bermanfaat untuk pemirsa dan buat pelanggan anda tertarik untuk membeli.