Sunday, March 17, 2019

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress.com


Panduan Membuat Blog Gratis Di Wordpress.com
Wordpress.com merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan blog gratis dengan subdomain nama.wordpress.com. Dengan wordpress, Anda dapat membuat blog tanpa harus ahli dalam melakukan rancangan dan ahli bahasa program.

Wordpress dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL, Anda bisa membuat blog yang menyesuaikan kebutuhan Anda. Dengan tema bawaan yang responsif dan mendukung format seluler, membuat wordpress ini menjadi salah satu cms yang populer di kalangan blogger.

Membuat blog di wordpress.com gratis atau berbayar?
Sebenarnya wordpress tidak menekankan Anda dengan pungutan biaya, namun tidak seperti blogger. Wordpress membatasi penggunanya apabila menggunakan layanan gratis. Seperti subdomain bawaan wordpress.com, ruang penyimpanan 3GB dan iklan/spanduk wordpress

Berbeda dengan fitur berbayar, wordpress menyediakan 3 layanan berbayar. Yaitu personal, premium dan bisnis yang memiliki harga dan kualitas layanan yang berbeda. Dengan personal, Anda akan mendapatkan domain gratis, ruang penyimpanan 6GB dan menghapus iklan/spanduk wordpress.

Dengan layanan premium, Anda akan mendapatkan domain gratis, tema premium tanpa batas, kustomisasi desain lanjutan, ruang penyimpanan 13GB, menghapus iklan/spanduk wordpress, media sosial tingkat lanjut, pembayaran simpel, monetisasi situs dan dukungan videopress.

Sedangkan untuk bisnis, Anda akan mendapatkan layanan yang mirip dengan premium. Hanya saja ditambahkan menjadi lebih baik, seperti ruang penyimpanan tanpa batas, bantuan yang dipersonalisasi, alat seo, unggah plugin, pasang tema, integrasi dengan google analytics dan menghapus merk wordpress.com.

Bagaimana cara membuat blog gratis di wordpress.com?
Memiliki akun wordpress.com
Wordpress mengharuskan pengguna memiliki akun yang terdaftar pada situs mereka untuk melakukan pembuatan blog, Anda bisa mendaftar di wordpress menggunakan alamat email atau menyambungkannya dengan akun Google. Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mengunjungsi situs resmi wordpress

Memilih jenis situs
Setelah melakukan registrasi, Anda akan dialihkan ke halaman yang dimana akan terdapat sebuah pilih jenis situs. Agar lebih mudah, Anda bisa memilih jenis Blog dan melanjutkan pembuatan blog Anda.

Memberikan informasi blog
Selanjutnya wordpress akan meminta Anda untuk memberi tahu mereka, apa yang akan Anda isi di dalam blog Anda. Anda akan diminta mengisi niche, judul situs anda dan selanjutnya adalah memilih nama domain.

Memilih layanan yang akan digunakan
Jika sudah, Anda akan diberikan berbagai macam pilihan layanan seperti halnya yang telah dituliskan diatas tadi. Pilih free untuk membuat blog dengan wordpress.com secara gratis.