Saturday, March 2, 2019

Tips Agar Blog Anda di Terima Google Adsense


Tips Google Adsense: Bagaimana Proses Blog di Terima Adsense
Tips Google Adsense - Hampir dipastikan setiap Blogger tentu mengenal Google Adsense. Google Adsense adalah sebuah program periklanan berbayar bagi penerbit atau publisher untuk pemilik situs web atau blog untuk menghasilkan pendapatan dari hasi konten yang di terbitkan.

Di internet, ada banyak sekali program yang bisa mendapatkan penghasilan selain Adsense. Tetapi, Adsenselah menjadi pilihan terbaik, walau tidak mudah untuk diterima menjadi penerbit mereka.

Untuk bergabung dengan program Google Adsense sebagai penerbit atau publisher,hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki situs atau blog untuk penempatan iklan. Lantas, bagaimana tips Google Adsense agar sebuah blog atau situs dapat diterima. Dibawah ini telah saya jelaskan tips Google Adsense agar blog anda di terima Adsense sebagai penerbit mereka.

Tips Google Adsense Agar Blog Anda di Terima Google Adsense
Memiliki artikel berkualitas
Anda harus memiliki artikel yang berkualitas. Yang dimaksud dengan artikel berkualitas adalah tidak duplikat, bermanfaat bagi pembaca, dapat menyelesaikan permasalahan pembaca.
Dengan panjang artikel setidaknya minimal 500 kata untuk saat ini. Sangat baik jika artikel anda memiliki gambar ilustrasi. Bagaimana Google mengenal artikel anda berkualitas dan berguna bagi para pengunjung? Sepengetahuan saya Googel mengenal artikel berkualitas yaitu berapa lama pengunjung membaca artikel anda melalui Google Analytics. 

Biasanya artikel berkulitas ketika pengunjung membaca artikel anda di atas 3 menit dan tidak menutup halaman anda dengan cepat. Dan ini juga akan mendongkrak posisi Serps anda di Google.

Buatlah setidaknya 50 artikel saat mendaftar. Ada juga yang mengatakan 20 artikel, bahkan ada yang mengatakan 10 artikel. Memang benar, tapi itu dulu. Sekarang Google hanya menerima blog dengan isi blog yang padat dengan artikel. Artinya kemungkinan blog anda sangat mudah di terima apabila jumlah artikel sudah memenuhi kriteria tersebut. 

Membuat atau memiliki Navigasi yang jelas
Tips Google Adsense dengan Navigasi merupakan elemen penting yang akan dipertimbangkan Google Adsense untuk mengevaluasi kelayakan sebuah situs atau blog. Hal ini sudah lazim bagi Adsnesedalam menolak permintaan calon publisher karena alasan Navigasi yang buruk.

Navigasi yang baik ditentukan oleh beberapa hal.Yang pertama, tidak membingungkan pengunjung. Misal blog berbasis WordPress dengan memiliki panel khusus dalam penempatan menu. Namun, anda harus bisa memutuskan bagaimana penempatan menu yang akan di tampilkan. 

Jadi pastikan menu yang anda buat mudah ditemukan oleh pembaca, tidak disembunyikan, ukurannya sedang dan memiliki warna yang tepat yang sesuai dengan warna blog anda.

Menu navigasi juga harus lengkap, yaitu terdiri dari beberapa menu wajib seperti tentang kami, kebijakan privasi, TOS, kontak dan kategori konten yang lainnya.

Kecepatan Situs (Uptime)
Kriteria lain dalam tips Google Adsense yang cukup untuk menentukan apakah blog anda diterima atau ditolak adalah kecepatan situs anda. Untuk mengukur kecepatan sebuah blog atau situs adalah anda dapat menggunakan GTmetrix, Pingdom dan Google Page Speed. 

Perlu anda ketahui bahwa kecepatan blog ditentukan oleh banyak faktor, misalnya parameter server Hosting yang anda sewa, pemilihan Theme yang tepat, penggunaan gambar yang tidak terlalu besar atau kecil, header, skrip, javascript, html, dll.

Untuk Google sendiri telah menyediakan tools bagi pemilik situs untuk mengoptimalkan kecepatan blog yaitu Google Page Speed. Pengukuran kecepatan blog anda sangat harus anda penuhi agar blog andabisa disimpan dengan iklan Google Adsense. Semakin cepat kinerja blog, semakin besar peluang diterima.

Buat artikel yang unik dan pastikan tidak plagiat
Sekarang, ini bukan waktunya untuk copy paste artikel orang lain. Selain melanggar hak cipta orang, artikel Copas mungkin akan sulit untuk masuk ke 10 Besar Google. Dengan begitu, anda harus membuat artikel anda benar-benar unik CopyScape dan Smallseotools untuk mengecek keunikan artikel anda.

Tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki keahlian dalam menulis. Anda dapat memesan artikel di layanan penulisan artikel lokal. 

1. Artikel harus memiliki tata bahasa yang baik
Artikel tidak hanya unik dan lulus CopyScape, tetapi juga harus memiliki tata bahasa yang baik agar pembaca memahami apa yang anda sampaikan. Mengapa demikian, karena Tim spesialis Google Adsense akan mempertimbangkan dan meninjau blog anda. 

Jika mereka tidak memahami artikel anda buat, mungkin tata bahasanya salah bahkan berantakan, maka kemungkinan blog anda ditolak sebagai penerbit Google Adsense.

2. Kelengkapan blog
Jika artikel yang anda buat sudah baik, maka tips Google Adsense selanjutnya adalah kelengkapan blog. Blog anda jangan terlihat tidak memadai saat mendaftar dengan Google AdSense.
Dibawah ini saya jelaskan agar blog atau situs anda memadai.

3. Memiliki halaman dukungan
Pastikan blog anda berisi halaman pendukung seperti Kontak, Kebijakan Privasi, dan banyak lagi. Waktu itu, saya hanya membuat dua halaman, Kontak dan Kebijakan Privasi anda bisa menambahkan misalnya About, Disclaimer, dll.

4. Menu navigasi
Saat memasang menu navigasi, cobalah untuk tidak memasukkan tautan ke label atau kategori halaman, tetapi ke tautan langsung yang anda publikasi.

5. Widget bagian Sidebar
Beberapa widget yang harus dipasang adalah: Posting Populer, Posting Terbaru, Arsip, Kategori, Profil Google Plus, dll.

6. Link keluar
Linik atau tautan keluar juga sangat penting untuk membuat blog anda terlihat lebih alami. Cobalah untuk mengatur link blog yang membahas topik yang sama dengan blog anda bahas.

7. Usia blog
Masalah usia blog, saya tidak begitu yakin untuk menjadi salah satu faktor karena pengalaman sebelumnya telah memungkinkan saya dalam mendaftar Adsense ketika usia blog 2 bulan. Tapi, dalam TOS Adsense, blog harus setidaknya berumur 6 bulan untuk negara India dan China. Sangat baik jika blog anda diatas dua bulan.

Kesimpulan
Setiap Blogger yang disetujui sebagai Publisher memiliki cara sendiri. Dan mungkin anda memiliki cara lain yang tentunya lebih mudah untuk disetujui. Apa yang saya sampaikan dengan informasi diatas adalah subyektif. Namun, jika anda mempraktikkannya di blog anda, saya yakin dan optimis peluang anda diterima sebagai publisher Google Adsense sangat besar. Intinya jangan menyerah.!!